MATERI KELAS 7 " Mengenal Lokasi Tempat Tinggal "
Identitas
- Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
- Fase/Kelas : Fase D / Kelas 7 C
- Pertemuan : ke 2 dari Tema 1
- Materi : Mengenal Lokasi Tempat Tinggal
- Guru Pengampu : Dimas Syamsi Pratama, S.Pd.
- Waktu Pembelajaran : Selasa 22 Juli 2025
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.
Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menjelaskan, mampu mengidentifikasikan, menjelaskan dan mengamati materi tentang Mengenal Lokasi Tempat Tinggal.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam Pertemuan Perdana di Tahun Pelajaran 2025/2026 dengan keadaaan sehat. Pada awal pembelajaran hari ini materi yang akan kita bahas bersama adalah mengenai "Mengenal Lokasi Tempat Tinggal", Selanjutnya silahkan kalian pelajari dan pahami dengan baik materi yang akan disajikan di dalam Blogger ini dan semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian
Materi
"Mengenal Lokasi Tempat Tinggal"
A. Mengenal Lokasi Tempat Tinggal
Lokasi merupakan letak suatu objek di permukaan bumi. Lokasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut merupakan letak yang tetap terhadap sistem koordinat. Sifat lokasi absolut adalah tetap dan tidak berubah-ubah meskipun kondisi tempat yang dimaksud terhadap sekitarnya mungkin berubah. Kegiatan di atas menunjukkan konsep lokasi absolut Indonesia yang berada pada 6°LU—11°LS dan 95°BT—141°BT.
Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada tempat lain di muka bumi yang menunjukkan lokasi yang sama dengan tempat tersebut. Lokasi absolut tidak akan berubah selama koordinat yang digunakan sebagai dasar perhitungan masih berupa garis ekuator dan meridian Greenwich (Inggris). Penentuan lokasi absolut menggunakan sistem koordinat garis lintang dan garis bujur yang telah disepakati. Sistem koordinat tersebut berfungsi memberi “alamat” terhadap setiap lokasi di permukaan bumi. Garis lintang adalah garis horizontal yang mengukur sudut suatu titik dengan garis khatulistiwa. Adapun Garis bujur merupakan garis vertikal yang mengukur suatu titik dengan titik nol di bumi yang terdapat di Greenwich dan telah disepakati secara internasional.
Lokasi relatif adalah letak suatu tempat yang dapat berubah-ubah sesuai dengan keadaan sekitarnya. Sebagai contoh, awalnya Kabupaten Tana Tidung merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Timur, tetapi saat ini termasuk Provinsi Kalimantan Utara.
Seiring dengan perkembangan teknologi, kita tidak harus mendatangi lokasi secara langsung untuk mengetahui lokasi suatu wilayah karena bisa melihatnya melalui peta. Saat ini, wujud peta tidak hanya dalam bentuk kertas, tetapi juga dalam bentuk digital. Berbagai sektor telah memanfaatkan peta digital untuk menunjang usahanya. Tanpa disadari, kalian juga telah memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa contoh pemanfaatan peta digital.
1. Pengembangan transportasi berbasis daring (online)
Sebelum adanya jasa transportasi berbasis daring, pengguna harus mencari dan mendatangi langsung penyedia transportasi publik untuk memesannya. Selain itu, pengguna juga harus bernegosiasi untuk menyepakati harga. Kegiatan ini membutuhkan waktu lebih lama daripada memesan jasa transportasi daring. Keberadaan jasa transportasi berbasis daring memberi kemudahan kepada pengguna untuk menemukan moda transportasi di sekitarnya dengan tarif yang tertera pada aplikasi.
2. Perhitungan estimasi biaya dan waktu ekspedisi pengiriman barang
Salah satu faktor yang memengaruhi biaya pengiriman adalah jarak lokasi pengiriman dengan lokasi tujuan. Perusahaan ekspedisi pengiriman memanfaatkan data jarak untuk mengetahui estimasi biaya dan waktu pengiriman. Penjual dan pembeli juga tidak perlu mendatangi ekspedisi untuk menanyakan estimasi biaya dan waktu pengiriman barang. Penjual dan pembeli dapat melakukan pengecekan secara mandiri melalui aplikasi ekspedisi pengiriman yang digunakan.
3. Memudahkan dalam menemukan alamat tujuan
Penulisan alamat tujuan pada undangan biasanya dilengkapi dengan denah. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak undangan yang dibuat dalam bentuk digital. Undangan digital umumnya mencantumkan peta digital dalam bentuk barcode yang akan menghubungkan dengan alamat tujuan apabila dipindai.
4. Menyajikan berbagai alternatif jalan agar waktu lebih eisien
Seseorang yang akan menuju lokasi tertentu dapat memilih rute dari berbagai rute jalan yang disajikan. Kondisi kepadatan lalu lintas juga ditampilkan sehingga pengguna dapat memilih rute yang eisien dan cepat untuk sampai ke tujuan
LATIHAN SOAL
1. Jelaskan Perbedaan antara lokasi Absolut dan Relatif dan berikan 3 contoh ?
2. Apa yang dimaksud dengan Garis Lintang dan Garis Bujur ?
3. Sebutkan Manfaat dari Peta Digital ?
Refrensi
https://www.google.com/amp/s/klaten.pikiran-rakyat.com/pendidikan/amp/pr-2415385234/rangkuman-mengenal-lokasi-tempat-tinggal-materi-ips-kelas-7-smp-kurikulum-merdeka.
https://app.ruangguru.com/ruangbelajar/smp-kelas-7-kurikulum-merdeka/ips/kehidupan-sosial-dan-kondisi-lingkungan-sekitar/mengenal-lokasi-tempat-tinggal-dan-potensi-bencana-alam
Komentar
Posting Komentar