KISI - KISI IPS KELAS 8"
Identitas
- Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
- Fase/Kelas : Fase D / Kelas 8 C
- Pertemuan : ke 5 dari Tema 4
- Materi : Kisi - Kisi IPS
- Guru Pengampu : Dimas Syamsi Pratama, S.Pd.
- Waktu Pembelajaran : Selasa 27 Mei 2025
Capaian Pembelajaran
Pada akhir kelas 8, Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim dan potensi bencana alam.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menjelaskan, mampu mengidentifikasikan, menjelaskan dan mengamati materi tentang Dinamika Kependudukan Indonesia.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Spalgaiss… sudah ingatkan sekarang.
Mari kita lanjut dan hubungkan materi minggu lalu dengan materi hari ini. Simak yah.
Materi
Disajikan gambar Peserta didik mampu menganalisa kondisi geografis Indonesia. |
Melalui pernyataan Peserta didik dapat menganalisis faktor penyebab penjelajahan samudra di Indonesia |
Disajikan Peta Peserta didik mampu mendeskripsikan kedatangan bangsa Barat di Indonesia |
Melalui analisa dan pernyataan Peserta didik mampu menganalisis berbagai perlawanan terhadap persekutuan dagang di Indonesia |
Melalui ilustrasi dan gambar Peserta didik mampu menghubungkan kolonialisme dan imperialisme dengan perubahan kondisi masyarakat. |
Melalui pernyataan Peserta didik dapat menganalisis perubahan kehidupan masyarakat akibat penjajahan dan pendudukan dari berbagai aspek seperti, ekonomi, pendidikan, budaya, sosial, geografi, dan politik |
Disajikan pernyataan dan gambar Peserta didik mampu mendeskripsikan penyebab pergerakan nasional |
Melalui pernyataan dan gambar Peserta didik mampu menganalisis organisasi pergerakan nasional di Indonesia |
Peserta didik mampu menganalisis upaya pergerakan pada zaman pendudukan Jepang |
Disajikan pernyataan dan gambar Peserta didik mampu menganalisis persiapan dan pelaksanaan kemerdekaan Indonesia |
Peserta didik mampu menganalisis hubungan kondisi geografis Indonesia dengan pemerataan pembangunan di Indonesia |
Peserta didik mampu mendeskripsikan lembaga keuangan. |
Disajikan gambar dan pernyataan Peserta didik dapat menganalisis manfaat lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat |
Disajikan wacana literasi Peserta didik mampu memahami penyebab konflik sosial |
Disajikan gambar Peserta didik mampu menganalisis dampak negatif dan positif adanya konflik sosial |
Disajikan gambar Peserta didik dapat menganalisis solusi penyelesaian konflik sosial |
Peserta didik mampu mendeskripsikan integrasi sosial. |
Peserta didik dapat menganalisis faktor pendorong Integrasi sosial |
Peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi pada masa awal kemerdekaan. |
Disajikan tabel kebijakan ekonomi Peserta didik dapat membandingkan kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal kemerdekaan hingga saat ini |
Peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi pada masa orde baru |
Peserta didik dapat membandingkan kondisi perekonomian Indonesia pada masa orde baru dengan kondisi perekonomian Indonesia masa sekarang |
Peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi pada masa reformasi |
Peserta didik dapat membuat pengembangan kegiatan ekonomi era digital |
Peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi ekspor dan impor |
Peserta didik dapat menyusun strategi yang untuk meningkatkan kualitas ekspor |
Peserta didik dapat menganalisis peran organisasi internasional dibidang ekonomi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. |
Peserta didik dapat memproyeksikan peran Indonesia pada organisasi ekonomi dunia. |
Peserta didik dapat membandingkan perekonomian tradisional dengan perekonomian digital |
Peserta didik dapat menyusun strategi pengembangan ekonomi pada era revolusi Industri 4.0 |
Peserta didik dapat menyusun strategi pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul. |
Peserta didik dapat memproyeksikan pertumbuhan penduduk Indonesia. |
Peserta didik dapat menyusun strategi pengembangan sumber daya manusia unggul. |
Komentar
Posting Komentar