KISI - KISI IPS KELAS 8 SAS SEMESTER GANJIL

 Identitas 

      - Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial 

      - Fase/Kelas                  : Fase D / Kelas 8 D

      - Pertemuan                  : SAS GANJIL 2024

    - Materi                            : KISI KISI SAS

      - Guru Pengampu        :  Dimas Syamsi Pratama, S.Pd.

      - Waktu Pembelajaran : Selasa 03 Desember 2024




CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan menganalisis   Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia  dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan. 

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita  ingat lagi tentang  Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia,   Kita tentu sudah memahami Tujuan dari pembelajaran kita.. 

ok guys... maka materi ini merupakan kelanjutan yang memiliki kaitan satu sama lainnya yaa... sekarang mulai yuks membahasa kisi kisi.


Mata Pelajaran : IPS 

Kelas : VIII

Peserta didik mampu mengidentifikasi, menjelaskan, mendefinisikan,memahami,mendeskripsikan serta mengaplikasikan tentang materi …… .

 

 

1. Pengertian sumber daya alam

2. Sumber daya alam organik atau biotik

3. yang termasuk sumber daya alam anorganik

4. sumber daya alam yang terbarukan atau renewable resource 

5. merupakan sumber daya alam ditinjau dari pemanfaatannya

6. termasuk potensi sumber daya alam yang dimimiliki oleh Bangsa Indonesia

7. daerah penghasil minyak bumi di Indonesia

8. Daerah penghasil tambang batu bara

9. Daerah Cikotok di Jawa Barat, terkenal sebagai penghasil barang tambang

10. Indonesia memiliki tambang aspal alam yang terbesar di dunia 

11. Aktivitas atau kegiatan manusia yang memanfaatkan sumber daya alam hayati

12. Sumber daya alam bahan industri

13. Pengelolaan sumber daya alam harus berdasarkan prinsip berwawasan lingkungan

14. contoh akibat dari perusakan sumber daya alam

15. merupakan upaya memanfaatkan sumber daya alam tanpa merusak dan menjaga kelestarian

16. akibat yang ditimbulkan dari pencemaran limbah industri

17. pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan

18. bukan merupakan upaya pelestarian sumber daya alam

19. kawasan industri

20. Kawasan berikat (barang impor ekspor)biasanya terletak dekat dengan pelabuhan

21. sumber daya alam renewable resource

22. salah satu sumber daya alam yang terdapat di Indonesia

23. bentuk aktivitas pemanfaatan sumber daya alam  

24. fungsi hutan dalam kegiatan produksi

25. jenis kawasan pelestarian alam

26. Hutan yang memiliki fungsi untuk pelestarian keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya

27. Hutan yang memiliki fungsi untuk melindungi sistem daya dukung lingkungan hidup

28. Berdasarkan UU No. 11 Tahun 1967 tentang pertambangan, barang tambang di Indonesia dibagi menjadi tiga golongan

29. golongan Minyak bumi dan gas bumi  

30. keterkaitan manusia dengan pemanfaatan sumber daya alam

31. Berbagai hasil dari bentukan alam yang berguna bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia

32. klasifikasi Sumber Daya Alam, terdapat dua kategori utama

33. Sumber daya alam disebut unrenewable resources

34. yang tidak termasuk kegiatan yang dapat merusak lingkungan

35. Bahan tambang yang dimanfaatkan untuk bahan bakar

36. keuntungan bagi penduduk Indonesia  Karakteristik tersebut mendorong keragaman flora dan fauna. Berdasarkan kondisi tersebut

37. perdagangan Nusantara pada awal Masehi.

38. menjelaskan masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia

39. kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia 

40. mampu mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk 

41. perkembangan kependudukan di Indonesia.

42. keragaman masyarakat Indonesia.

43. menganalisis manfaat dari keragaman masyarakat.

44. mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang ada di masyarakat.

45. proses mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat.

46. mampu perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

47. cara penyebaran agama Islam ke Indonesia.  

48. Interaksi budaya pengaruh Islam di Indonesia.

49. kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia.

50. mendeskripsikan perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 8 Tentang " Kehidupan Ekonomi Indonesia pada Awal Kemerdekaan dan Masa Demokrasi Liberal"

MATERI KELAS 8 Tentang " Kehidupan Ekonomi Indonesia pada Masa Demokrasi Terpimpin dan Masa Orde Baru."

MATERI KELAS 8 Tentang " Pengaruh Agama dan Kebudayaan Hindu - Buddha di Indonesia"