MATERI KELAS 7 "Peranan Nilai dan Norma Dalam Proses Sosialisasi

       Identitas 

      - Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial 

      - Fase/Kelas                  : Fase D / Kelas 7 C

      - Pertemuan                  : 10 ( 2 JP )

      - Materi                        :  Peranan Nilai dan Norma Dalam Proses Sosialisasi 

      - Guru Pengampu        :  Dimas Syamsi Pratama, S.Pd.

      - Waktu Pembelajaran :  Selasa , 27 Agustus 2024

Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan  lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan  memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.

Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan Peranan nilai dan norma dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

 

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.   

Sebelum kita memasuki materi hari ini, masih ingatkah kalian tentang Nilai dan Norma. Manusia sebagai makhluk sosial, tentu akan bersosialisasi dalam aktivitas sehari harinya, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun di lingkungan yang lebih luas lagi. Menurut Soerjono Soekanto, nilai merupakan konsepsi abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan buruk. Nilai merupakan pedoman berperilaku secara umum. Sementara itu, cara menghargai privasi seseorang dalam situasi tertentu diatur dalam norma. Tentu saja manusia yang memiliki sifat sosial akan sangat membutuhkan nilai dan norma dalam masyarakat.

Pada Pertemuan kita selanjutnya, Materi yang akan dibahas adalah Berkaitan dengan " Peranan Nilai dan Norma "

Yuksss simak yaaa

" Peranan Nilai dan Norma Dalam Proses Sosialisasi "

Ada beberapa peran nilai, antara lain sebagai berikut :

1)      Nilai memberikan orientasi kepada anggota masyarakat untuk berperilaku.

2)      Nilai menciptakan stabilitas dan keseragaman karena orang-orang yang memiliki nilai yang sama akan membentuk kesatuan sosial.

3)      Nilai memberikan legitimasi pada aturan yang mengatur perilaku tertentu. Aturan tersebut diterima dan diikuti terutama karena aturan itu mewujudkan nilai-nilai yang diterima bersama.


Sementara itu, peran norma sosial antara lain sebagai berikut :

1)      Norma dapat mencegah terjadinya perselisihan antar anggota masyarakat.

2)      Norma membantu masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. 

3)      Norma membantu masyarakat untuk memelihara seperangkat nilai bersama. 

4)      Norma memengaruhi sikap dan perilaku anggota masyarakat.

5)      Nilai dan norma dibutuhkan dalam kehidupan untuk menjaga kestabilan kehidupan dalam masyarakat.

 

Berikut Peran nilai dan norma lainnya:

 

1.      Mengatur kehidupan masyarakat untuk membentuk pola perilaku masyarakat yang tidak merugikan atau merusak tatanan yang ada dalam masyarakat.

2.      Menyeimbangkan hak dan kewajiban dalam masyarakat, sehingga tidak ada pihak yang merasakan ketidakadilan atas perilaku pihak lain.

3.      Nilai berfungsi sebagai alat motivasi dan kontrol sosial. Norma merupakan pedoman bagi individu untuk berlaku di dalam masyarakat. 

4.      Norma juga berperan untuk mengatur, mengendalikan, memberi sanksi serta memaksa anggotanya untuk bertingkah laku di tengah masyarakat.

 

 Evaluasi Soal

'1. Sebutkan Peranan Nilai Sosial dalam Masyarakat menurut pendapatmu ?

2. Jelaskan Menurut mu Bagaimana Peranan Norma - Norma yang ada dalam Masyarakat ?

3. Jelaskan salah satu peranan  nilai sosial menurumu

Sumber Refrensi

https://www.didno76.com/2022/08/rangkuman-materi-nilai-dan-norma-ips.html

 

      - Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial 

      - Fase/Kelas                  : Fase D / Kelas 7 C

      - Pertemuan                  : 11 ( 2 JP )

      - Materi                        :  Sosialisasi Dalam Masyarakat ( Sejarah Lisan )

      - Guru Pengampu        :  Dimas Syamsi Pratama, S.Pd.

      - Waktu Pembelajaran : Jumat , 30 Agustus 2024


Capaian Pembelajaran.

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan  lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan  memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.

Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif

Tujuan Pembelajaran

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan Sosialisasi dalam Masyarakat  serta definisi sejarah lisan serta mengidentifikasi sumber sejarah lisan dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS. Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.  Saat ini kita akan menyambung materi kita dari Sosialisasi dalam Masyarakat  serta definisi sejarah lisan serta mengidentifikasi sumber sejarah lisan …

Yukss Mari Kita Simak Baik - Baik Materi dibawah ini. 

Materi Inti

Nahh

Sekarang kita akan membahas materi terakit hal diatas, dengan kaitannya materi hari ini yakni  Sosialisasi dalam Masyarakat  serta definisi sejarah lisan serta mengidentifikasi sumber sejarah lisan, simaks yaaaa.

1. Sejarah Lisan

Budaya tradisi lisan sudah diturunkan dari masa lalu oleh nenek moyang. Cerita rakyat mulanya tidak dibuat untuk anak-anak. Namun, pada abad ke-19, cerita rakyat dibuat untuk bahan pendidikan bagi anak-anak. Salah satu contohnya adalah cerita “Si Pitung dari Jakarta” yang berisikan tentang kebaikan, tolong-menolong, dan sikap pemberani. 

Sementara itu, cerita rakyat dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam atau jenis:

·  Mitos (myth) adalah cerita yang dianggap benar terjadi dan suci oleh masyarakat pemilik cerita tersebut

·  Legenda (legend) adalah cerita rakyat zaman dahulu yang dianggap benar-benar terjadi oleh pemilik cerita.

·  Dongeng (folktale) adalah prosa yang dianggap tidak benar-benar terjadi oleh yang memiliki cerita, sehingga kebanyakan isinya penuh dengan khayalan

Penting untuk diketahui, di sisi lain sumber lisan dibedakan menjadi 2 macam:

·  Kesaksian lisan oleh pelaku yang terlibat secara langsung dalam peristiwa sejarah (oral history)

·    Tradisi lisan seperti mitos, legenda, dongeng, dan cerita rakyat (oral tradition)

Melalui cerita rakyat, nenek moyang mampu menjawab pertanyaan yang seringkali dilontarkan oleh anak-anaknya maupun cucu-cucunya.

Sementara itu, cerita rakyat memiliki ciri-ciri  seperti

·  Penyebaran dan pelestarian yang dilakukan dengan tradisi lisan, yakni melalui penuturan dari orang ke orang lain


·   Bersifat cenderung tradisional dan disebarkan ke antargenerasi dalam waktu yang lama.


·    Cerita rakyat hadir dalam beberapa varian atau versi dan perbedaan di setiap daerah, sehingga menjadi berbeda alur antara cerita yang satu dengan yang lain


·    Pencipta yang tidak diketahui


·    Cerita menjadi milik bersama


·    Memiliki kegunaan dalam kehidupan


·  Memiliki logika sendiri yang membedakan dengan logika umum


Evaluasi

1.      Jelaskan 3 klasifikasi cerita rakyat  yang kamu fahami

2.      Jelaskan  ciri ciri cerita rakyat?.

Refrensi 

https://bobo.grid.id/read/083462432/sejarah-lisan-pengertian-jenis-sumber-data-beserta-kelebihan-dan-kekurangannya. 

https://www.edukasiips.com/2022/09/sejarah-lisan-ips-kelas-7-kurikulum.html?m=1




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 8 Tentang " Kehidupan Ekonomi Indonesia pada Awal Kemerdekaan dan Masa Demokrasi Liberal"

MATERI KELAS 8 Tentang " Kehidupan Ekonomi Indonesia pada Masa Demokrasi Terpimpin dan Masa Orde Baru."

MATERI KELAS 8 Tentang " Pengaruh Agama dan Kebudayaan Hindu - Buddha di Indonesia"