MATERI KELAS 8 Tentang "Kehidupan masa Kolonialisme dan Imperialisme "

  Identitas 

      - Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial 

      - Fase/Kelas                  : Fase D / Kelas 8 C

      - Pertemuan                  : 3 ( 2 JP )

    - Materi                            : Kehidupan masa Kolonialisme dan Imperialisme

      - Guru Pengampu        :  Dimas Syamsi Pratama, S.Pd.

      - Waktu Pembelajaran : Senin 13 Januari 2025

Capaian Pembelajaran 

Pada akhir kelas 8, Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim dan potensi bencana alam. 

 Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu menjelaskan keragaman Sosial Budaya di Masyarakat, mampu mengidentifikasikan, menjelaskan dan mengamati  materi tentang Kehidupan masa Kolonialisme dan Imperialisme

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS di awal pertemuan semester genap kemarin kita sudah membahas materi mengenai kondisi geografis dan Penjelajahan Samudra Kondisi Geografis dan Penjelajahan Samudra. Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudra yaitu Benua AsiaAustralia dan Samudra Hindia-Pasifik. Perlu diketahui bahwa negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang memiliki berbagai kekayaan dan keanekaragaman. Berbagai potensi sumber daya alam banyak tersedia di Indonesia. Setiap wilayah kepulauan mempunyai potensinya masingmasing. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempah yang beraneka ragam. Kondisi inilah yang menjadi daya  tarik bangsa-bangsa lain datang ke Indonesia. Hubungan dengan bangsabangsa asing tidak hanya berdampak positif, tetapi juga negatif. Salah satu dampak negatif hubungan Indonesia dengan bangsa asing adalah terjadinya penjajahan pada masa lalu.Penjajahan telah menyebabkan perubahan dalam aspek geografi, sosial, budaya, dan politik.

Pada pertemuan kali ini, materi yang akan kita bahas bersama adalah tentang  Kehidupan masa Kolonialisme dan Imperialisme, Silahkan dipahami baik - baik agar proses pembelajaran dikelas bisa berjalan dengan lancar dan tujuan akhirnya kalian dapat memahami materi tersebut


Materi 

" Kehidupan masa Kolonialisme dan Imperialisme "

Kolonialisme dan imperialisme adalah dua konsep yang sangat memengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia di masa lampau. Dalam sejarah Indonesia, masa kolonialisme dan imperialisme meninggalkan jejak yang mendalam dalam berbagai aspek kehidupan, seperti sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Artikel ini akan membahas bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kolonialisme dan imperialisme serta dampaknya yang masih terasa hingga saat ini.

Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme

Kolonialisme adalah kebijakan suatu negara untuk menguasai wilayah lain guna mendapatkan sumber daya dan keuntungan ekonomi. Sedangkan imperialisme adalah ekspansi kekuasaan negara ke wilayah lain dengan tujuan dominasi politik, ekonomi, dan budaya. Kedua konsep ini saling berkaitan dan dijalankan oleh bangsa-bangsa Eropa seperti Portugis, Belanda, Inggris, dan Spanyol yang datang ke Nusantara sejak abad ke-16.

Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia

Pada masa kolonialisme, struktur sosial masyarakat Indonesia mengalami perubahan besar. Kehidupan masyarakat dibagi menjadi dua kelas utama:

  1. Kelas Penguasa

Kelas ini terdiri dari pejabat kolonial, pengusaha Eropa, serta golongan pribumi yang bekerja sama dengan penjajah. Mereka mendapatkan berbagai keuntungan, seperti akses ke  pendidikan dan fasilitas yang lebih baik.

  1. Kelas Rakyat

Mayoritas masyarakat berada dalam kelompok ini, hidup dalam kondisi yang sulit. Sistem kerja paksa seperti rodi dan tanam paksa (cultuurstelsel) diterapkan oleh Belanda, yang memaksa rakyat menanam komoditas ekspor seperti kopi, tebu, dan nila, seringkali mengorbankan kebutuhan pangan mereka sendiri.

Selain itu, sistem kasta atau stratifikasi sosial yang didasarkan pada asal-usul dan kedekatan dengan penguasa kolonial menciptakan kesenjangan yang tajam dalam masyarakat.

3. Sistem Ekonomi yang Eksploitatif

Ekonomi masyarakat pada masa kolonial sangat bergantung pada sistem eksploitasi yang diterapkan oleh penjajah. Beberapa ciri utama sistem ekonomi pada masa kolonial adalah:

  1. Tanam Paksa (Cultuurstelsel)

Diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1830, sistem ini mewajibkan petani menyerahkan sebagian tanah mereka untuk ditanami tanaman ekspor. Hasil panen tersebut kemudian dijual ke pasar dunia untuk keuntungan Belanda. Akibatnya, rakyat Indonesia menderita kelaparan dan kemiskinan.

  1. Sistem Kerja Paksa (Rodi)

Sistem ini mewajibkan rakyat untuk bekerja tanpa upah, seperti membangun jalan, jembatan, dan infrastruktur lainnya. Kondisi kerja yang buruk sering menyebabkan kematian.

  1. Penguasaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam seperti rempah-rempah, kayu, dan hasil tambang dieksploitasi secara besar-besaran. Rakyat tidak mendapatkan keuntungan langsung dari hasil kekayaan tersebut.

  1. Perdagangan Monopoli

Penjajah memberlakukan monopoli perdagangan, yang melarang masyarakat pribumi untuk terlibat secara mandiri dalam perdagangan komoditas utama.


Refleksi soal

1. Jelaskan yang dimaksud dengan kolonialisme dan imperialisme ?

2. Bagiamana kehidupan sosial masyarakat indonesia pada masa tersebut ?

3. Sebutkan ciri dari sistem ekonomi eskploitatif ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 8 Tentang " Kehidupan Ekonomi Indonesia pada Awal Kemerdekaan dan Masa Demokrasi Liberal"

MATERI KELAS 8 Tentang " Pengaruh Agama dan Kebudayaan Hindu - Buddha di Indonesia"

MATERI KELAS 8 Tentang " Kehidupan Ekonomi Indonesia pada Masa Demokrasi Terpimpin dan Masa Orde Baru."