MATERI KELAS 8. KD. 3.3. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial dan Budaya di Indonesia dan ASEAN
Identitas
- Hari/Tanggal : Selasa 30 Januari 2024
- Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
- Fase/Kelas : Kelas 8 ( B ) ke 4
- Materi Pokok : Perdagangan Antardaerah atau Antar Pulau dan Perdagangan Internasional
- Sub Materi : Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau.
- Guru Pengampu : Dimas Syamsi Pratama, S.Pd.
- Waktu Pembelajaran : 2x40 menit
- KD / CP : Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial dan Budaya di Indonesia dan ASEAN.
- Tujuan :
Peserta didik diharapkan mampu memahami, menganalisi, mengamati materi tentang Perdagangan Antardaerah atau antarpulau.
Materi Pembelajaran
Di pertemuan minggu lalu kita telah membahas materi tentang Peran Pelaku Ekonomi, Di dalam Peran pelaku ekonomi. Rumah tangga Konsumen berperan dalam menghabiskan, memakai, menggunakan barang dan jasa, sedangkan Peran rumah tangga Produsen dalam pelaku ekonomi, berperan dalam sebagai penyedia dan menghasilkan barang dan jasa untuk Konsumen. Kemudian Rumah Tangga Pemerintahan berperan sebagai investor utuk produsen, selaon itu berperan sebagai mengatur dan mengontrol jalannya kegiatan perekonomian di suatu negara.
Pertemuan kali ini kita akan membahas materi tentang
" Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau"
Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau
Perdagangan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama tanpa ada unsur pemaksaan. Perdagangan antardaerah dan antarpulau adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk atau lembaga suatu daerah atau pulau dengan penduduk atau lembaga suatu daerah atau pulau lain dalam satu batas wilayah negara atas dasar kesepakatan bersama.
Perdagangan antarpulau dilakukan oleh beberapa pelaku ekonomi dengan beberapa tujuan. Tujuan adanya perdagangan antarpulau antara lain adalah sebagai berikut:
1. Memperoleh Keuntungan
Tujuan utama dilakukan perdagangan antarpulau adalah untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan diperoleh dari selisih antara harga beli dengan harga jual. Jika barang diproduksi sendiri, keuntungan diperoleh dari selisih antara harga jual dan biaya produksi.
2. Memperluas Jangkauan Pasar
Perdagangan sampai ke luar daerah atau luar pulau dapat memperluas jangkauan pasar. Jangkauan pasar yang dimaksud adalah jumlah konsumen yang mengonsumsi barang tersebut makin banyak dan tersebar di berbagai daerah. Contohnya, produk minyak gosok tradisional dari daerah X dijual ke daerah Y. Maka, sekarang pengguna minyak gosok tersebut bukan hanya penduduk daerah X, tetapi juga penduduk daerah Y. Makin lama, minyak gosok makin dikenal banyak orang sehingga pengguna minyak gosok tradisional di daerah Y pun meningkat.
Faktor Pendorong Perdagangan Antarpulau
Berikut ini faktor pendorong perdagangan antarpulau:
1. Perbedaan Faktor Produksi yang Dimiliki
Faktor pendorong perdagangan antardaerah atau pulau antara lain perbedaan faktor produksi yang dimiliki, terutama faktor produksi alam. Daerah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dengan tanah yang subur lebih mungkin memproduksi sayur-mayur lebih banyak dan menjualnya sampai ke luar daerah dibandingkan misalnya daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.
2, Perbedaan Tingkat Harga Antardaerah
Selain perbedaan kekayaan alam, perbedaan tingkat harga antardaerah juga mendorong terciptanya perdagangan antardaerah. Contohnya di daerah yang kaya akan buah durian, harga durian pasti lebih murah dari daerah lain yang hanya sedikit memiliki pohon penghasil durian. Hal ini juga akan mendorong adanya perdagangan antardaerah.
Manfaat dari Perdagangan Antar daerah atau Antar Pulau
- Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan bagi konsumen
Masyarakat dapat menikmati produk atau barang yang tidak tersedia atau tidak diproduksi oleh daerah di tempat tinggalnya. Kebutuhan suatu daerah juga dapat tercukupi dengan adanya perdagangan ini.
- Meningkatkan Produktivitas
Perdagangan antardaerah menyebabkan jangkauan pasar yang luas. Permintaan dan penawaran akan meningkat pula mengikuti dengan meningkatnya jumlah konsumen di daerah jangkauan pasar. Kondisi ini mendorong produktivitas barang semakin meningkat.
- Memperluas Kesempatan Kerja bagi Masyarakat
Jumlah produksi yang meningkat akan menyebabkan suatu perusahaan membutuhkan tenaga kerja lebih banyak untuk memproduksi suatu barang atau jasa. Lapangan kerja yang semakin banyak akan menekan jumlah pengangguran di suatu daerah. Perdagangan ini juga akan menimbulkan beberapa usaha baru seperti jasa pengiriman, jasa transportasi, dan lain sebagainya. Adanya usaha baru tersebut akan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak.
Latihan Soal
1. Definisikan Menurut Pendapatmu tentang pengertian dari Perdagangan Antardaerah/Antarpulau ?
2. Menurutmu, apa yang menjadi faktor terjadinya Perdagangan Antardaerah/Antarpulau ?
3. Berikan 3 contoh Perdagangan Antardaerah/Antarpulau yang kamu ketahui ?
Sumber Refrensi
https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/perdagangan-antardaerah-atau-antarpulau-8728
https://www.bola.com/ragam/read/5473623/pengertian-perdagangan-antarpulau-tujuan-faktor-pendorong-dan-manfaatnya?page=4
Komentar
Posting Komentar